Makam Mausolus Keajaiban Arsitektur Kuno yang Hilang

Makam Mausolus Keajaiban Arsitektur Kuno yang Hilang

Makam Mausolus, juga dikenal sebagai Mausoleum di Halicarnassus, adalah salah satu keajaiban dunia kuno yang paling terkenal. Dibangun di kota Halicarnassus (sekarang Bodrum, Turki) antara tahun 353 dan 350 SM, makam ini dibuat untuk mengenang Mausolus, penguasa Karia yang wafat pada tahun 353 SM, dan juga sebagai makam untuk istrinya yang juga saudara perempuannya, Artemisia II dari Karia.

Sejarah

Konstruksi makam dimulai oleh Artemisia II setelah kematian Mausolus, dan selesai setelah kematiannya. Makam ini terkenal karena keindahan arsitektur dan ornamen artistiknya. Kata "mausoleum" berasal dari nama Mausolus, dan menjadi istilah yang digunakan untuk menyebut struktur pemakaman besar dan megah.

Arsitektur dan Desain

Makam Mausolus dirancang oleh arsitek terkenal pada zamannya, termasuk Satyros dan Pythius. Bangunan tersebut memiliki ukuran yang mengesankan, dengan kubah setinggi sekitar 45 meter (135 kaki) yang dihiasi dengan patung-patung marmer yang megah. Patung-patung tersebut mewakili Mausolus, Artemisia, dan berbagai dewa dan dewi Yunani.

Penghancuran dan Penemuan

Meskipun Makam Mausolus dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia kuno yang paling luar biasa, sayangnya, makam tersebut hancur pada abad ke-15 Masehi akibat gempa bumi. Puing-puing bangunan ini digunakan oleh Kesultanan Utsmaniyah untuk membangun benteng di sekitar Bodrum. Beberapa artefak dari makam ini dapat ditemukan di Museum Arkeologi Bodrum.

Pengaruh

Meskipun Makam Mausolus sendiri telah hilang, pengaruhnya terhadap arsitektur dan seni makam jelas terlihat dalam beberapa makam penting yang dibangun kemudian, termasuk Makam Kekaisaran Tiongkok dan makam-makam di Roma kuno.

Pengakuan

Makam Mausolus dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, sebuah daftar karya arsitektur dan seni yang luar biasa pada zaman kuno. Meskipun makam itu sendiri tidak lagi ada, namanya tetap dikenal luas sebagai contoh keindahan arsitektur kuno.

Kesimpulan

Makam Mausolus adalah contoh yang mengesankan dari kekuatan dan keindahan arsitektur kuno. Meskipun bangunan tersebut telah lama hilang, warisan arsitektur dan seni yang ditinggalkannya tetap menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, dan cerita tentang makam tersebut tetap menggugah imajinasi tentang kebesaran masa lalu.

27 February 2024 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Nick Robert