Keju Emmental Kelezatan Khas Swiss yang Terkenal

Keju Emmental Kelezatan Khas Swiss yang Terkenal

Keju Emmental adalah salah satu keju yang paling terkenal dari Swiss, dikenal dengan lubang-lubangnya yang khas dan rasa yang lembut serta sedikit manis. Merupakan salah satu keju paling ikonik di dunia, Emmental telah menjadi favorit di meja makan dari pegunungan Alpen Swiss hingga dapur-dapur di seluruh dunia. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang asal-usul, proses pembuatan, serta cara menikmati keju Emmental yang lezat ini.

Asal-Usul Keju Emmental

Keju Emmental berasal dari wilayah Emmental di kanton Bern, Swiss. Sejarah pembuatannya dapat ditelusuri kembali hingga abad ke-13, ketika para peternak di daerah tersebut mulai memproduksi keju dari susu sapi mereka. Lubang-lubang dalam keju Emmental terbentuk oleh gas yang dihasilkan selama proses fermentasi, yang merupakan ciri khas dari keju ini. Sejak saat itu, keju Emmental telah menjadi salah satu keju yang paling dihormati dan terkenal di dunia.

Cara Pembuatan Keju Emmental

Proses pembuatan keju Emmental dimulai dengan pengumpulan susu sapi segar dari peternakan di sekitar kota Emmental. Susu tersebut kemudian dipasteurisasi atau tidak dipasteurisasi tergantung pada preferensi pembuat keju. Setelah itu, kultur bakteri dan enzim rennet ditambahkan ke dalam susu untuk memulai proses fermentasi.

Setelah curd terbentuk, curd dipisahkan dari whey dan dimasukkan ke dalam cetakan bundar besar khas keju Emmental. Curd kemudian dipadatkan dan direngkuh untuk mengeluarkan lebih banyak whey. Selama masa pematangan, keju Emmental diasin dan dibalik secara teratur untuk memastikan bahwa rasa dan teksturnya merata di seluruh keju.

Cita Rasa dan Penyajian

Keju Emmental memiliki cita rasa yang lembut, dengan sedikit rasa manis yang khas dan sedikit rasa pahit yang menyenangkan. Lubang-lubang dalam keju ini memberikan tekstur yang unik dan memberikan pengalaman mengunyah yang menarik. Keju Emmental sering disajikan dalam bentuk irisan atau diparut dan dapat dimakan mentah atau digunakan sebagai bahan dalam hidangan lainnya.

Di Swiss, keju Emmental sering disajikan dengan roti segar dan anggur, sementara di luar negeri, keju ini sering digunakan dalam hidangan seperti fondue atau sandwich. Keju Emmental juga sangat baik untuk dilelehkan dalam hidangan-hidangan seperti sup atau saus, menambahkan kekayaan rasa dan tekstur yang lezat.

Kesimpulan

Keju Emmental adalah salah satu keju yang paling terkenal dan dihormati di dunia, dengan sejarah yang kaya dan rasa yang lembut serta sedikit manis. Dari kota Emmental yang bersejarah di Swiss hingga meja makan di seluruh dunia, keju Emmental telah menjadi simbol dari kekayaan alam dan budaya Swiss. Dengan cita rasa yang konsisten dan fleksibilitas dalam penyajian, keju Emmental akan selalu menjadi pilihan yang populer bagi para pecinta keju di seluruh dunia.

30 June 2024 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Nick Robert