Biji Pisang Nutrisi Tersembunyi di Balik Buah yang Dikenal

Biji Pisang Nutrisi Tersembunyi di Balik Buah yang Dikenal

Biji pisang, yang sering diabaikan dan dibuang, sebenarnya mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk kesehatan. Biji ini kecil, berbentuk oval, dan berwarna putih hingga cokelat. Meskipun kecil, biji pisang mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan Anda.

  1. Kandungan Nutrisi: Biji pisang mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral. Meskipun tidak ada jumlah yang signifikan, biji pisang mengandung nutrisi penting seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

  2. Serat: Biji pisang mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

  3. Protein: Meskipun bukan sumber protein utama, biji pisang mengandung sedikit protein. Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

  4. Vitamin dan Mineral: Biji pisang mengandung vitamin B6, yang penting untuk metabolisme energi yang sehat. Selain itu, biji pisang juga mengandung vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, serta kalium, yang penting untuk kesehatan jantung dan tekanan darah yang sehat.

  5. Antioksidan: Biji pisang juga mengandung antioksidan, seperti dopamin dan katekin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Meskipun biji pisang mengandung sejumlah nutrisi penting, biji ini juga mengandung senyawa yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, biji pisang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang moderat, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap biji-bijian.

 

18 February 2024 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Nick Robert