5 Tarian Khas yang Memukau dari Geliat Kebudayaan Kalimantan

5 Tarian Khas yang Memukau dari Geliat Kebudayaan Kalimantan

Pendahuluan:

Kalimantan, pulau yang terkenal dengan keberagaman alamnya, juga menjadi panggung bagi berbagai seni dan budaya yang memukau. Salah satu ekspresi budaya yang menarik adalah tarian tradisional. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima tarian khas Kalimantan yang mencerminkan kekayaan dan keindahan kebudayaan pulau ini.

1. Tarian Enggang - Dayak:

Tarian Enggang merupakan bagian integral dari budaya Dayak, salah satu suku asli Kalimantan. Tarian ini menggambarkan keanggunan burung Enggang yang langka, dan penari membawa properti yang melambangkan sayap burung. Gerakan yang lembut dan meliuk-liuk menciptakan tarian yang memukau dan memiliki nilai simbolis yang tinggi.

2. Tarian Ranyai - Banjar:

Tarian Ranyai berasal dari suku Banjar, Kalimantan Selatan. Tarian ini merupakan bentuk ekspresi seni yang melibatkan gerakan lincah dan indah, seringkali ditarikan oleh para penari yang memakai pakaian adat Banjar yang berwarna-warni. Ranyai seringkali dipertunjukkan dalam berbagai upacara adat dan perayaan masyarakat Banjar.

3. Tarian Baksa Kembang - Dayak Ngaju:

Tarian Baksa Kembang adalah tarian khas suku Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah. Tarian ini melibatkan gerakan yang dinamis dan energik, dengan penari memegang persembahan berupa kembang. Baksa Kembang sering ditarikan dalam upacara-upacara adat atau sebagai wujud rasa syukur terhadap alam dan lingkungan.

4. Tarian Lenggang Nyaring - Banjar:

Tarian Lenggang Nyaring juga berasal dari suku Banjar, Kalimantan Selatan. Tarian ini biasanya ditarikan oleh sekelompok penari wanita yang membentuk lingkaran. Gerakan yang lincah dan irama musik yang khas menciptakan suasana yang meriah dan riang.

5. Tarian Gandrung Banyuwangi - Tionghoa-Indonesia:

Tarian Gandrung Banyuwangi adalah tarian perpaduan budaya antara masyarakat Tionghoa dan Indonesia di Kalimantan Barat. Tarian ini merupakan bentuk ekspresi seni yang memadukan gerakan tradisional dan musik yang khas. Gandrung Banyuwangi seringkali ditampilkan dalam perayaan budaya dan festival di Kalimantan Barat.

Kesimpulan:

Seni tari khas Kalimantan mencerminkan keragaman budaya yang begitu kaya dan menawan. Dari keanggunan Tarian Enggang suku Dayak, kemeriahan Tarian Ranyai suku Banjar, keenergikan Tarian Baksa Kembang suku Dayak Ngaju, keceriaan Tarian Lenggang Nyaring suku Banjar, hingga harmoni Tarian Gandrung Banyuwangi yang mencerminkan perpaduan budaya, setiap tarian menghadirkan keunikan dan keindahan yang memikat hati. Melalui gerakan dan ritme yang indah, seni tari Kalimantan menghidupkan tradisi dan menceritakan kisah yang melekat pada keberagaman budaya yang menjadi ciri khas pulau ini.

 
 
 

24 November 2023 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Nick Robert